Tips agar kita bisa tumbuh lebih tinggi pada masa pertumbuhan

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang tinggi, memang benar bahwa gen kita dapat mempengaruhi tinggi badan tetapi ternyata gen hanya mempengaruhi tinggi badan selama masa pertumbuhan kita berhenti, jadi pada saat kita masih mengalami masa pertumbuhan kita masih bisa melakukan beberapa hal yang dapat menunjang tinggi badan kita secara maksimal. tulang pertumbuhan aktif selama masa kanak-kanak, tetapi begitu masa pubertas dimulai, perubahan hormonal menyebabkan area ini mengeras. Dalam tubuh wanita, mereka biasanya selesai berkembang sekitar usia 16 dan antara usia 14 dan 19 untuk tubuh pria. Itu berarti kita tidak dapat bertambah tinggi setelah kita dewasa. Ternyata manusia bisa mengalami variasi tinggi harian yang kecil loh, maksudnya disini adalah tinggi kita bisa menurun setengah inci atau 1,5 cm pada siang hari hal ini terjadi karena tulang belakang yang tekompresi selama aktivitas sehari-hari tetapi tinggi badan akan kembali normal pada saat kita tidur. Variasi ini hampir tidak terlihat karena memang sangat kecil penurunannya

Ada banyak sumber yang mengklaim telah menemukan cara agar kita bisa tumbuh menjadi lebih tinggi dengan cara yang cepat. Ada yang mengatakan bahwa peregangan dan latihan tertentu adalah kunci untuk menjadi lebih tinggi. Seperti melakukan beberapa olahraga seperti berenang, basker, skiping dan olahraga lainnya dipercaya dapat membuat tubuh kita menjadi tinggi. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung metode ini. Paling banyak, beberapa dari aktivitas ini dapat menyebabkan diskus intervertebralis dan mengalami dekompresi, untuk sementara memulihkan ketinggian alami sedikit (variasi tinggi harian). Ini, ditambah dengan peregangan otot selama latihan ini, bisa membuat seseorang percaya bahwa mereka benar-benar bertambah tinggi. Tetapi kenyataannya adalah tidak ada cara instan untuk menjadi lebih tinggi dengan cepat.

Tidak ada cara meninggikan badan dengan cepat, jika kita ingin menjadi tinggi kita harus memiliki kebiasaan yang baik dimulai dari kita masa kecil dan remaja. Beberapa cara dibawah ini adalah cara agar kita mendaoatkan tinggi badan yang maksimal sebelum kita menjadi dewasa dan berhenti meninggi.

1.       Kebiasaan Makan Sehat

Memiliki kebiasaan makan yang sehat merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang saat masih dalam masa pertumbuhan. Tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Protein penting dalam mengoptimalkan tinggi badan saat masa pertumbuhan dan dapat ditemukan di banyak sumber alami seperti telur dan kacang kedelai. Selain itu, perlu juga memastikan bahwa pada masa pertumbuhan kita mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dari sumber alami seperti bayam, wortel, mangga, dan lainnya.

2.       Tidur Yang Cukup

Tubuh saat masih dalam masa pertumbuhan menghasilkan berbagai hormon selama waktu tidur yang akan mendukung pertumbuhan. Oleh karena itu, perlu tidur yang cukup setiap malam. Balita membutuhkan 11-13 jam tidur setiap hari sedangkan anak usia sekolah membutuhkan 10-11 jam setiap hari.

3.       Menjaga Postur Yang Baik

Baik saat masa pertumbuhan atau saat dewasa kita harus terus memperhatikan postur tubuhnya, seperti tidak boleh membungkuk saat berdiri atau duduk. Postur tubuh yang baik akan membuat kita menjadi lebih tinggi dan lebih tegak, yang juga akan meningkatkan rasa percaya diri karena postur kita bagus.

4.       Kalsium berperan penting dalam perkembangan struktur tulang baik saat masih dalam masa pertumbuhan atau sudah dewasa. Susu adalah sumber kalsium yang kaya. Jadi biasakan meminum susu pada kita masih pada masa pertumbuhan, minum susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, dan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.